PERTANYAAN :
Assalamualaikum ustadz, saya mau bertanya : di salah satu grup ojek online driver vs drver, sering meributkan soal pakai tuyul (titik gps tambahan) dan juga aplikasi tambahan lainya guna memperlancar orderan masuk, tidak sedikit yang pakai hape original sesuai aturan PT ojek merasa kesulitan terima orderan, sedangkan driver yang mengakali biar orderan masuk terus tapi melanggar aturan PT jika ketahuan bakal putus mitra.
Yang jadi pertanyaan : Bagaimana hukum nya gaji hasil ojeknya yang ia dapat karena banyak memakai siasat aplikasi tambahan guna memperlancar oderannya, tapi efeknya berimbas pada driver yang patuh sesuai perjanjian kemitraan, yakni jadi sepi orderan. Terima kasih . [ Kemas Fadli ]
JAWABAN :
Wa’alaikumussalaam wr.wb. Hukum menggunakan aplikasi tambahan itu tidak diperbolehkan, karena melanggar ketentuan PT. Namun kendati hukum menggunakan aplikasi tambahan yang notabene melanggar ketentuan PT tersebut (tidak diperbolehkan) tapi hukum uang gaji yang diterimanya adalah Halal, karena keharaman tersebut tidak mempengaruhi keabsahan akadnya. Wallohu a’lam [Mujaawib: Yai Abdul Qodir Shodiqi, Yai Sae Nas'yan Mansiyyan ]
Refrensi:
الادب النبوي : (96)
أولو الأمر هم الذين وكل إليهم القيام بالشئون العامة، والمصالح المهمة، فيدخل فيهم كل من ولي أمرا من أمور المسلمين : من ملك ووزير، ورئيس ومدير، ومأمور وعمدة، وقاض ونائب، وضابط وجندي. وقد أوجب الرسول صلى الله عليه وسلم على كل مسلم السمع لأوامر هؤلاء، والمبادرة إلى تنفيذها، سواء كانت محبوبة له، أم بغيضة إليه .
الزواجر : (442/1)
(الكبيرة الأربعون بعد المائتين: الخيانةفي الأمانات كالوديعة والعين المرهونة أو المستأجرة وغير ذلك)
الغرر البهية : (252/3)
عبدا، أو ما يقصد للشم كمسك وأمسكه مدة لزمه أجرته، فلو كان العبد يحسن صناعات لزمه أجرة أعلاها أجرة لا أجرة الكل، أما ما لا تؤجر منفعته كمسجد وشارع ومقبرة وعرفة فتضمن بالتفويت لا بالفوات (لا) المنفعة (من الكلب) ولو كلب صيد، أو نحوه فإنها لا تضمن بتفويت ولا فوات؛ لأنها غير متقومة (وما صاد) الكلب المغصوب بإرسال الغاصب ملك (لغاصب) الكلب لا لصاحبه إذ الجارحة آلة كالشبكة، والقوس وكالكلب في هذا سائر الجوارح
مرقاة صعود التصديق 15
ومنها عدم الوفاء بالنذر والوصال في الصوم واخذ مجلس غيره او زحمته المؤذية او اخذ نوبته اي الغير في المكان او الثوب او البئر او غير ذلك
اعانة الطالبين 2/95
ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﻤﻐﻨﻰ ﻣﻊ ﺍﻷﺻﻞ ﻓﺈﻥ ﺑﺎﻉ ﻣﻦ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺒﻴﻊ ﺻﺢ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻛﺬﺍ ﺳﺎﺋﺮ ﻋﻘﻮﺩﻩ ﻷﻥ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻟﻤﻌﻨﻰ ﺧﺎﺭﺝ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺃﻱ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺘﺸﺎﻏﻞ ﻋﻦ ﺻﻼﺗﻬﺎ ﻓﻠﻢ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺼﺤﺔ ﻛﺎﻟﺼﻼﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺍﺭ ﺍﻟﻤﻐﺼﻮﺑﺔ ﺍﻩ
LINK DISKUSI :