5246. HEWAN QURBAN CACAT WAKTU PROSESI PENYEMBELIHAN, SAHKAH ?

PERTANYAAN :

Assalamu alaikum. Bab Qurban : Ketika hewan qurban dibawa ke tempat lokasi penyembelihan, hewan tersebut mengamuk hingga patah tulang kakinya yang menyebabkan jalannya pincang. Pertanyaannya :
1. Masih bolehkah berqurban dengan hewan tersebut ?
2. Bagaimanakah jika hewan tersebut sudah dijadikan qurban nadzar ? [Rizka Hikami].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam.
1. Jika Qurban sunah dengan hewan cacat (walaupun cacatnya waktu penyembelihan) maka hukumnya TIDAK SAH dan tidak mencukupi menurut pendapat Ashoh, namun menurut Imam As Subkiy : SAH dan mencukupi berkurban dengan hewan yang cacatnya waktu penyembelihan.

2. Dan jika cacatnya pada Qurban Wajib / Nadzar waktu menyembelih, alias waktu nadzar dalam keadaan selamat dari cacat maka SAH dan mencukupi buat qurbannya.

Ya. Berbicara masalah qurban salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan dan keutuhan seluruh anggota tubuh binatang tersebut, dalam artian binatang yang akan dijadikan sebagai binatang qurban adalah binatang yang sempurna fisiknya, tidak boleh binatang yang cacat seperti buta, pincang dan cacat tubuh lainnya. Namun kadangkala dalam proses merobohkan hewan tersebut untuk disembelih tak jarang menimbul cacat pada hewan kurban bakan kadang menimbulkan patah kakinya. Bagaimana hukumnya bila patah kaki pada hewan qurban terjadi pada saat dirobohkan untuk disembelih ? Misal Hewan Qurban Terkilir Saat Proses Penyembelihan.
Binatang yang patah kakinya atau pincang pada saat yang dirobohkan untuk disembelih maka binatang tersebut tidak memadai lagi sebagai binatang qurban (udhhiyah) menurut pendapat yang kuat. Hal ini diqiyaskan pada hewan yang cacat kakinya karena kecelakaan lalu si pemilik menjadikannya sebagai qurban sebagaimana Imam Nawawi terangkan dalam kitab Majmu' Syarh Muhazzab.
Namun, apabila hewan tersebut merupakan hewan yang telah ditentukan sebagai kurban nazar (wajib) maka tetap disembelih sebagai nazar dan berlaku baginya hukum qurban karena kewajiban menyembelih hewan tersebut adalah wajib ‘ain (kewajibannya telah tertentu pada binatang tersebut) namun masih belum memadai sebagai udhiyyah yang diperintahkan syara’.
Pincang yang menjadi aib adalah yang berefek hewan itu akan tertinggal dari rombongannya ketika berjalan dalam rombongan. Wallohu a'lam. [Uci Sanusi, Lukman Yatofa, Ahmada Subhana, Langit Basyaiban, Umam Zein].

Referensi:
- ibaroh fathul qorib :

والثانى العرجاء البين عرجها ولو كان حصول العرج لها عند اضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها

Yang kedua yaitu yang jelas pincangnya walaupun pincangnya karena memberontak ketika hendak dirubuhkan untuk disembelih.

- Kitab bajuri syarah fathul qorib jilid dua halaman 298 disebutkan sbb :

لا يجزئ أضحية الا السليم من العيوب المذكورة ، ومحل عدم اجزاء المعيبة مالم يلتزم معيبة، فان التزمها كذالك كأن قال لله على ان أضحى بهذه او جعلت هذه أضحية وكانت عوراء او عرجاء او مريضة او حاملا اجزأت ووجب ذبحها وصرفها مصرف الأضحية
- Ibaroh Najmul wahhaj :
فلو كانت سليمة فاضطربت عند إضجاعها للذبح فانكسرت رجلها... لم تجزئ على الاصح ، واختار الشيخ إجزاءها

شرح البهجة ٥ ص ١٦٣
وزاد قوله (في الحال) تصريحا بأن العبرة بالعيب الموجود عند الذبح حتى لو كانت سليمة فاضطربت عند إضجاعها للذبح فانكسرت رجلها لم تجز على الأصح، واختار السبكي إجزاءها

حاشية عميرة ٤ ص ٢٥٢
أما لو نذر معيبة فضحى بها أو قال: جعلتها أضحية فإنها تتعين ويجب ذبحها وقت الأضحية وتفرقة جميع لحمها ولا تجزئ عن الأضحية المطلوبة شرعا، بخلاف السليمة المنذورة.
نعم لو نذر سليمة ثم عرض العيب فالظاهر الإجزاء عن الأضحية

- Majmu' Syarh Muhazzab jilid 8 hal 400 Dar Fikr :

الثالثة) العرجاء ان اشتد عرجها بحيث تسبقها الماشية إلى الكلا الطيب وتتخلف عن القطيع لم تجزئ وان كان يسيرا لا يخلفها عن الماشية لم يضر فلو انكسر بعض قوائمها فكانت تزحف بثلاث لم تجزئ
ولو أضجعها ليضحي بها وهى سليمة فاضطربت وانكسرت رجلها أو عرجت تحت السكين لم تجزه على أصح الوجهين لانها عرجاء عند الذبح فاشبه ما لو انكسرت رجل شاة فبادر إلى التضحية بها فانها لا تجزئ

- Hasyiah Bujairimi `ala Khatib jilid 4 hal 334 Dar Fikr :

و ) الثانية ( العرجاء ) بالمد ( البين عرجها ) بأن يشتد عرجها بحيث تسبقها الماشية إلى المرعى وتتخلف عن القطيع فلو كان عرجها يسيرا بحيث لا تتخلف به عن الماشية لم يضر كما في الروضة

- Tuhfatul Muhtaj jilid9 hal 352 Dar Fikr :

وشرطها ) أي الأضحية لتجزئ حيث لم يلتزمها ناقصة ( سلامة ) وقت الذبح حيث لم يتقدمه إيجاب وإلا فوقت خروجها عن ملكه ( من عيب ينقص ) بالتخفيف كيشكر في الأفصح كما مر ( لحما ) حالا كقطع فلقة كبيرة من نحو فخذ أو مآلا كعرج بين لأنه ينقص رعيها فتنهزل والقصد هنا اللحم فاعتبر ضبطها بما لا ينقصه كما اعتبرت في عيب المبيع بما لا ينقص المالية لأنها المقصودة ثم ويلحق باللحم ما في معناه من كل مأكول فلا يجزئ مقطوع بعض ألية أو أذن كما يأتي ولا يردان عليه ؛ لأن اللحم قد يطلق في بعض الأبواب على كل مأكول كما في قولهم يحرم بيع اللحم بالحيوان أما لو التزمها ناقصة كأن نذر الأضحية بمعيبة أو صغيرة أو قال جعلتها أضحية فإنه يلزمه ذبحها ولا تجزئ ضحية وإن اختص ذبحها بوقت الأضحية وجرت مجراها في الصرف وأفهم قولنا وإلا إلخ أنه لو نذر التضحية بهذا وهو سليم ثم حدث به عيب ضحى به وثبتت له أحكام التضحية

- Hasyiah I`antuth Thalibin jilid 2 hal 378 Dar Fikr :

وضابط العرج اليسير أن تكون العرجاء لا تتخلف عن الماشية بسبب عرجها

LINK ASAL :
http://ift.tt/2h73jYE
http://ift.tt/2y21LlT 

Subscribe to receive free email updates: