5239. KETIKA LAMARAN RASULULLOH DI TOLAK HALUS OLEH UMMU HANI

PERTANYAAN :

Assalamu’alaikum yai/nyai semoga group ini selalu dalam keberkahan. Adakah ibaroh yang menyatakan kalau Rasulullah pernah ditolak cintanya  oleh Fatikhah sepupu imam Ali kwh. sebelum menikah dengan Khodijah r.a  dan setelah Khodijah r.a wafat ditolak kembali, monggo referensi sirah nya. [Yanwar Bekti].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Dia  bernama Fakhitah, seorang wanita dari kalangan bangsawan Quraisy. Putri  paman Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam, Abu Thalib Abdu Manaf  bin Abdil Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay. Ibunya  bernama Fathimah bintu Asad bin Hasyim bin  Abdi Manaf. Dia saudari sekandung ‘Ali, ‘Aqil dan Ja’far, putra-putra  Abu Thalib dan sepupu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam
Dia  begitu mengerti tentang agungnya hak seorang suami. Dia pun mengerti  tentang hak anak-anak yang ditinggalkan suaminya dalam asuhannya. Dia  tak ingin menyia-nyiakan satu pun dari keduanya, hingga dia dapatkan  pujian yang begitu mulia, “Sebaik-baik wanita penunggang unta adalah  wanita Quraisy, sangat penyayang terhadap anak-anaknya.”
Semasa  jahiliyah, Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam pernah meminangnya.
Pada saat bersamaan, seorang pemuda bernama Hubairah bin Abi Wahb  Al-Makhzumi pun meminangnya pula. Abu Thalib menjatuhkan pilihannya pada  Hubairah hingga akhirnya Abu Thalib menikahkan Hubairah dengan  putrinya. Dari pernikahan ini, lahirlah putra-putra Hubairah, di  antaranya Ja’dah bin Hubairah yang kelak di kemudian hari diangkat ‘Ali  bin Abi Thalib radhiallohu ‘anhu ketika menjabat sebagai khalifah-  sebagai gubernur di negeri Khurasan. Putra-putra yang lainnya adalah  `Amr, yang dulunya Ummu Hani` berkunyah dengannya, namun putranya ini  meninggal ketika masih kecil, serta Hani` dan Yusuf.
Namun  pada akhirnya, Islam memisahkan mereka berdua. Ketika Alloh Subhanahu  wa Ta’ala membukakan negeri Makkah bagi Rasul-Nya Shallallohu ‘alaihi wa  sallam dan manusia berbondong-bondong masuk Islam, Ummu Hani`  radhiAllohu ‘anha pun berislam bersama yang lainnya. Mendengar berita  keislaman Ummu Hani`, Hubairah pun melarikan diri ke Najran.
Pada  hari pembukaan negeri Makkah itu, ada dua kerabat suami Ummu Hani` dari  Bani Makhzum, Al-Harits bin Hisyam dan Zuhair bin Abi Umayyah bin  Al-Mughirah, datang kepada Ummu Hani` untuk meminta perlindungan.
Waktu  itu datang pula ‘Ali bin Abi Thalib radhiallohu ‘anhu menemui Ummu Hani`  sambil mengatakan, “Demi Alloh, aku akan membunuh dua orang tadi!
” Ummu  Hani` pun menutup pintu rumahnya dan bergegas menemui Rasululloh  Shallallohu ‘alaihi wa sallam.
Saat  itu Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa sallam tengah mandi, ditutup oleh  putri beliau, Fathimah radhiallohu ‘anha dengan kain.
Ummu Hani` pun  mengucapkan salam, hingga Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam  bertanya, “Siapa itu?”
“Saya Ummu Hani`, putri Abu Thalib,” jawab Ummu Hani`.
Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam pun menyambutnya, “Marhaban, wahai Ummu Hani`!”
Lalu  Ummu Hani` mengadu kepada Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam  tentang kedatangan dua kerabat suaminya untuk meminta perlindungan  kepadanya sementara ‘Ali berkeinginan membunuh mereka.
Maka beliau pun  menjawab, “Aku melindungi orang yang ada dalam perlindunganmu dan  memberi jaminan keamanan pada orang yang ada dalam jaminan keamananmu.”
Usai mandi, Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam menunaikan shalat  delapan rakaat. Waktu itu adalah waktu dhuha.
Setelah  Ummu Hani` berpisah dari suaminya karena keimanan, Rasululloh  Shallallohu ‘alaihi wa sallam datang untuk meminang Ummu Hani`.
Namun  dengan halus Ummu Hani` menolak :  “Sesungguhnya aku ini seorang ibu dari  anak-anak yang membutuhkan perhatian yang menyita banyak waktu.  Sementara aku mengetahui betapa besar hak suami. Aku khawatir tidak akan  mampu untuk menunaikan hak-hak suami.”
Maka Rasululloh Shallallohu  ‘alaihi wa sallam mengurungkan niatnya. Beliau mengatakan, “Sebaik-baik  wanita penunggang unta adalah wanita Quraisy, sangat penyayang terhadap  anak-anaknya.”
Ummu Hani` radhiAllohu ‘anha  meriwayatkan hadits-hadits dari Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa sallam  yang hingga saat ini termaktub dalam Al-Kutubus Sittah.
Dia pun  menyebarkan ilmu yang telah dia dulang hingga saat akhir kehidupannya,  jauh setelah masa khilafah saudaranya, ‘Ali bin Abi Thalib radhiAllohu  ‘anhu, pada tahun ke-50 H. Ummu Hani` Al-Hasyimiyyah, semoga Alloh  Subhanahu wa Ta’ala meridhainya….
Ternyata  Rasulullah pun pernah ditolak lamarannya oleh seorang wanita di  zamannya. Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi mereka ( ikhwan )yang  ditolak lamarannya agar bisa bersikap seperti Rasulullah dan akhawat pun  bisa mencontohi sahabiyah ini ketika menolak seseorang yang bagus  agamanya sehingga yang ditolak lamarannya bisa berbesar hati dan tidak  membuatkan kecewa. Wallohu ta’ala a’lamu bish-shawab. [Ust.Rizalullah , Ust. Dul].

Sumber Rujukan :
§Al-Bidayah wan  Nihayah, Al-Imam Ibnu Katsir (4/292-293);
§Al-Ishabah, Al-Hafizh Ibnu  Hajar Al-’Asqalani (7/317);
§Al-Isti’ab, Al-Imam Ibnu Abdil Barr  (4/1963-1964);
§Ath-Thabaqatul Kubra, Al-Imam Ibnu Sa’d (8/47);
§Siyar  A’lamin Nubala`, Al-Imam Adz-Dzahabi (2/311-314);
§Tahdzibul Kamal,  Al-Mizzi (35/389-390)

أم هانئ بنت أبي طالب
اسمها:
هي السيدة الفاضلة أم هانئ، بنت عم النبي صلى الله عليه وسلم أبي طالب، عبد مناف بن عبد المطلب بن هاشم الهاشمية المكية.
واسمها: فاختة. وقيل: هند. وكانت زوج هبيرة بن عمرو بن عائذ بن عمر بن عمران بن مخزوم المخزومي.
بعض مناقبها:
ذكر  بن الكلبي عن أبيه عن أبي صالح عن بن عباس قال: خطب النبي صلى الله عليه  وسلم إلى أبي طالب أم هانئ وخطبها منه هبيرة فزوج هبيرة، فعاتبه النبي صلى  الله عليه وسلم فقال: أبو طالب يا بن أخي إنا قد صاهرنا إليهم والكريم  يكافئ الكريم، ثم فرق الإسلام بين أم هانئ وبين هبيرة، فخطبها النبي صلى  الله عليه وسلم، فقالت: والله أني كنت لأحبك في الجاهلية فكيف في الإسلام،  ولكني امرأة مصبية فأكره أن يؤذوك، فقال: «خير نساء ركبن الإبل نساء قريش  أحناه على ولد».
من فضائلها كذلك أن النبي صلى الله  عليه وسلم كان يدخل عندها فقد دخل إلى منزلها يوم الفتح، فصلى عندها ثمان  ركعات ضحى؛ عن أم هانئ قالت: ذهبتُ إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم  الفتح فوجدته يغتسل، وفاطمة تستره بثوب فسلمت، فقال: «من هذه». قلت: أنا أم  هانئ بنت أبي طالب، فقال: «مرحبًا بأم هانئ». فلما فرغ من غسله، قام فصلى  ثمان ركعات ملتحفاً في ثوب واحد، فقلت: يا رسول الله زعم ابن أمي -تعني  علياً- أنَّه قاتل رجلاً قد أجرته فلان ابن هبيرة، فقال: «قد أجرنا من أجرت  يا أم هانئ». وذلك ضحى.
وقد روت أحاديث، وحدَّث عنها  حفيدها جعدة، ومولاها أبو صالح باذام، وكُريب مولى ابن عباس، وعبد الرحمن  بن أبي ليلى، ومجاهد بن جبر، وعطاء بن أبي رباح، وعروة بن الزبير، وآخرون.  وقد بلغ مسندها ستة وأربعين حديثاً، لها من ذلك حديث واحد أخرجاه.
وقد كان إسلامها يوم الفتح، وكان زوجها هبيرة مشركاً حينها، قال ابن إسحاق: لما بلغ هبيرة إسلامها قال أبياتًا منها:
وَعَاذِلَةٍ هَبّتْ بِلَيْلِ تَلُومُنِي *** وَتَعْذِلُنِي بِاللّيْلِ ضَلّ ضَلَالُهَا
وَتَزْعُمُ أَنّي إنْ أَطَعْت عَشِيرَتِي *** سَأَرْدَى. وَهَلْ يُرْدِينِ إلّا زِيَالُهَا
فَإِنْ كُنْتِ قَدْ تَابَعْتُ دِينَ مُحَمَّدٍ *** وَعَطَّفَتْ الْأَرْحَامَ مِنْكَ حِبَالُهَا
فَكُونِي عَلَى أَعْلَى سَحِيقٍ بِهَضْبَةِ *** مُلَمْلَمَةٍ غَبْرَاءَ يَبْسٍ بِلَالُهَا
قال الذهبي: "قلت لم يذكر أحد أن هبيرة أسلم".
وفاتها:
عاشت أم هانئ إلى بعد سنة خمسين.
من مصادر الترجمة:
الإصابة [4/503]، والسير [1/311]، والمستدرك [4/52]. وأسد الغابة [7 /213 -404].

LINK DISKUSI :
http://ift.tt/2gOH8WM

http://ift.tt/2wMBPxx

Subscribe to receive free email updates: