5218. HUKUM MENGGUNAKAN KERANDA JENAZAH (USUNGAN MAYIT)

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Mencari kejelasan hukum serta ibaroh. Sebenarnya hukum menggunakan usungan untuk menggiring jenazah wajib apa sunah ?, karena pernah terjadi perdebatan di tempat saya beberapa tahun yang lalu, para ustadz berselisih paham ada yang mengatakan wajib sehingga meski rumah mayit dekat kuburan tidak boleh digiring dengan ditengkoi (melayu-read) tapi harus dengan usungan apalagi jauh. Tolong jawabannya. [ Ismidar Abdurrahman As-Sanusi ]

JAWABAN :

Wa’alaikum salam. Bahwa membawa jenazah ke pemakaman/kuburan adalah wajib kifayah. Adapun alat yang dijadikan tempat diusungnya jenazah adalah apa saja, artinya tidak diharuskan memakai usungan/keranda sebagaimana anggapan salah seorang masyarakat dalam deskripsi diatas. Boleh menggunakan alat apa saja sepanjang tidak ada tindakan yang dinilai melecehkan mayit. Intinya, Saat membawa janazah tidak wajib menggunakan keranda. Ada keterangan ulama, khusus untuk jenazah wanita dianjurkan/mustahab menggunakan pengusung. Walahu a’lam. [Mujawib : Ust.Nur Hamzah, Ust.Abdul Qodir Shodiqi].
- Al Majmu’  (5/234) :
يجوز حمل الجنازة بين العمودين ، وهو أن يجعل الحامل رأسه بين عمودي مقدمة النعش ويجعلهما على كاهله ، ويجوز الحمل من الجوانب الأربعة
قال أصحابنا : يستحب أن يتخذ للمرأة نعش ، قال الشيخ نصر المقدسي والنعش هو المكبة التي توضع فوق المرأة على السرير ، وتغطى بثوب لتستر عن أعين الناس ، وكذا قاله صاحب الحاوي : يختار للمرأة إصلاح النعش كالقبة على السرير لما فيه من الصيانة وسماه صاحب البيان رحمه الله خيمة فقال : إن كانت امرأة اتخذ لها خيمة تسترها ، واستدلوا له بقصة جنازة زينب أم المؤمنين رضي الله عنها قيل : وهي أول من حمل على هذا النعش من المسلمات

- Hawasyi Syarwani 3/119 :
وَيَحْرُمُ حَمْلُ الْمَيِّتِ بِهَيْئَةٍ مُزْرِيَةٍ كَحَمْلِهِ فِي غِرَارَةٍ أَوْ قُفَّةٍ أَوْ بِهَيْئَةٍ يُخْشَى سُقُوطُهُ مِنْهَا
Fokus :
قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ وَيُحْمَلُ عَلَى سَرِيرٍ أَوْ لَوْحٍ أَوْ مَحْمِلٍ، وَأَيُّ شَيْءٍ حُمِلَ عَلَيْهِ أَجْزَأَ
فَإِنْ خِيفَ تَغَيُّرُهُ وَانْفِجَارُهُ قَبْلَ أَنْ يُهَيَّأَ لَهُ مَا يُحْمَلُ عَلَيْهِ فَلَا بَأْسَ أَنْ يُحْمَلَ عَلَى الْأَيْدِي وَالرِّقَابِ حَتَّى يُوصَلَ إلَى الْقَبْرِ أَسْنَى

LINK ASAL :
http://ift.tt/2v9e1yV

http://ift.tt/2uPYmcB

Subscribe to receive free email updates: